Wah! Ada Kereta Wisata dari Jakarta ke Cirebon

Tidak cuma Bandung, Cirebon juga jadi obyek liburan istimewa yang dekat dengan Jakarta. Serunya lagi, terdapat kereta pariwisata yang siap mengantarkan pewisata dari Jakarta menuju ke Cirebon lho!

PT Kereta Api Wisata (Indorail Tour) memberikan paket tour naik kereta pariwisata ke sejumlah rute. Satu diantaranya ialah dari Jakarta menuju ke Cirebon. Paket tersebut ternyata cukup disukai oleh wisatawan.

Indorail Tour

“Mulai dari 3 tahun kemarin. Kita ada paket kereta pariwisata. Yang berminat banyak, umumnya tiap minggu terus ada,” ujar Simon, Tour Manager PT Kereta Api Wisata dalam wawancara dengan kami.

Simon menerangkan bahwa paket tour ke Cirebon naik kereta tersebut sangat laris. Paket wisata itu ada yang cuma 1 hari dan melebihi 1 hari untuk berkeliling berbagai objek wisata di Cirebon. Namun, yang paling banyak diorder adalah paket 1 hari atau one day trip.

“Umumnya yang one day trip. Paket yang checkin itu ada namun jarang betul. Pagi dari Gambir, tiba di sana (Cirebon) jam 09.00 WIB segera jalan-jalan. Biasanya selesai jam 19.00 WIB malam. Sekitar jam 21.00 WIB lewat telah tiba di Gambir,” jelas Simon.

Didalam paket one day trip, wisatawan akan pergi bersama naik kereta pariwisata dari Stasiun Gambir. Kereta berangkat sekitar pukul 06.00 pagi. Waktu tempuh kereta sampai ke Cirebon ini membutuhkan waktu 3 jam.

Bila ikut paket rekreasi ke Cirebon dengan kereta pariwisata, traveler akan memakai Kereta Imperial. Ini merupakan kereta dengan gerbong yang telah dirancang khusus untuk pariwisata. Gerbong kereta ini mampu menampung sampai 28 penumpang.

Fasilitasnya termasuk lengkap, cukup untuk mengoptimalkan serunya perjalanan Kalian. Ada bangku dengan sandaran yang boleh diubah kemiringannya sesuai kriteria, toilet, karaoke sampai mini bar. Untuk waktu tempuh selama di Cirebon, pewisata akan menjelajah naik bis.

Bagi paket 1 hari, setibanya di Stasiun Cirebon, Anda bakal sarapan dengan Nasi Jamblang dulu. Setelah sarapan, trip akan diteruskan menuju ke sejumlah tempat wisata khas Cirebon.

Lokasi yang akan didatangi adalah Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Kampung Batik Trusmi, area kerajinan kerang dan sentral oleh-oleh. Ketika selesai berkeliling, Rombongan tour akan dibawa kembali ke Stasiun Cirebon untuk kembali ke Jakarta.

Pada saat tour berlangsung, pewisata mampu merasakan lezatnya makanan khas Cirebon, yaitu empal gentong, tahu gejrot dan es sirop Tjampolay. Didalam perjalanan kembali juga peserta tour mendapat dinner berbentuk nasi bakar.

Paket wisata ini harganya Rp 1.485.000 per orang dengan paling sedikit peserta 20-27 orang. Jika rombongan totalnya ada 28 orang, harganya lebih murah, yakni Rp 1.250.000.

Tarif tersebut telah termasuk tarif kereta wisata Jakarta-Cirebon-Jakarta, tour guide, angkutan selama di Cirebon, parkir, air mineral, ppn 1%, lalu makan pagi, siang dan malam.

Tidak cuma paket perjalanan dengan kereta wisata, terdapat juga paket Jakarta-Cirebon dengan kereta biasa. Bedanya terletak pada kereta yang dipakai, jumlah paling sedikit peserta, dan biaya paket.

Satu serombongan dalam tour ini sampai 40 orang. Untuk one day trip dengan kereta normal, harganya mulai dari Rp 700 ribu per orang untuk Rombongan paling sedikit 5, hingga Rp 385 ribu per orang untuk wisatawan minimal 40 orang. Pilih mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.